Artificial Intelligence (AI) sebagai Mitra Pedagogis: Strategi Penguatan Kemampuan Visual-Spasial Mahasiswa dalam Pembelajaran Seni Rupa
Artificial Intelligence (AI) sebagai Mitra Pedagogis: Strategi Penguatan Kemampuan Visual-Spasial Mahasiswa dalam Pembelajaran Seni Rupa
Abstrak
Kemajuan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam pendidikan seni visual, khususnya dalam metode penyampaian dan pengembangan pembelajarannya. Salah satu inovasi yang menonjol adalah pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai sarana pembelajaran yang adaptif dan berbasis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara sistematis bagaimana AI dapat diintegrasikan secara pedagogis untuk mendukung pengembangan kemampuan visual-spasial mahasiswa dalam konteks pendidikan seni rupa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis studi literatur, kajian ini menelaah kontribusi AI dalam mentransformasi pembelajaran seni, urgensi pengembangan kecerdasan visual-spasial, serta strategi integrasi AI dalam penguatan aspek spasial mahasiswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa AI memiliki potensi sebagai mitra kreatif yang memperluas eksplorasi visual, mendukung personalisasi pembelajaran, dan menyediakan lingkungan belajar imersif melalui teknologi seperti simulasi tiga dimensi dan augmented reality. Namun demikian, efektivitas penerapan AI sangat bergantung pada desain pedagogis yang reflektif dan etis agar tetap sejalan dengan nilai-nilai humanistik pendidikan seni. Kajian ini menegaskan pentingnya merancang pembelajaran seni berbasis teknologi yang tidak hanya bersifat teknis, tetapi juga kontekstual dan transformatif
Referensi
Black, J., & Chaput, T. (2024). A Discussion of Artificial Intelligence in Visual Art Education. Journal of Computer and Communications, 12(05), 71–85. https://doi.org/10.4236/jcc.2024.125005
Cotroneo, P., & Hutson, J. (2023). Generative AI tools in art education: Exploring prompt engineering and iterative processes for enhanced creativity. Metaverse, 4(1), 14. https://doi.org/10.54517/m.v4i1.2164
Das, S., & Kundu, R. (2024). The Ethics of Artificial Intelligence in Creative Arts: A Comprehensive Review. Interdisciplinary International Journal of Advances in Social Sciences, Arts and Humanities (IIJASSAH), 1. https://doi.org/DOI:10.62674/iijassah.2024.v1i1.003
Ernawati, E. (2020). KECERDASAN SPASIAL DALAM MEMAHAMI TRIMATRA: STUDI STRATEGI PEMBELAJARAN MATA KULIAH NIRMANA 2 (TRIMATRA). PRASI, 15(01), 10. https://doi.org/10.23887/prasi.v15i01.24118
Gürefe, N., Sarpkaya Aktaş, G., & Öksüz, H. (2024). Investigating the Impact of the AI-Supported 5E (AI-s5E) Instructional Model on Spatial Ability. Behavioral Sciences, 14(8). https://doi.org/10.3390/bs14080682
Harry, A. (2023). Role of AI in Education. https://injurity.pusatpublikasi.id/index.php/in
Heaton, R., Joo Hong, L., & and Chen, V. (2024). AI art education - artificial or intelligent? Transformative pedagogic reflections from three art educators in Singapore. Pedagogies: An International Journal, 19(4), 647–659. https://doi.org/10.1080/1554480X.2024.2395260
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial Intelligence in Education. Promise and Implications for Teaching and Learning. https://www.researchgate.net/publication/332180327
Kaan, A., & Tarhan, T. (2020). Art & Science: Visual arts training improves visuo-spatial ability and mediates STEM success UNIVERSITY OF CHICAGO. https://doi.org/https://doi.org/10.6082/uchicago.3916
Kamali, J., Alpat, M. F., & Bozkurt, A. (2024). AI ethics as a complex and multifaceted challenge: decoding educators’ AI ethics alignment through the lens of activity theory. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 21(1). https://doi.org/10.1186/s41239-024-00496-9
Mayo, S. (2024). Co-creating with AI in Art Education: On the Precipice of the Next Terrain. Education Journal, 13(3), 124–132. https://doi.org/10.11648/j.edu.20241303.15
Monjoree, U., & Yan, W. (2024). AI’s Spatial Intelligence: Evaluating AI’s Understanding of Spatial Transformations in PSVT:R and Augmented Reality. https://doi.org/https://doi.org/10.48550/arXiv.2411.06269
Park, Y. S. (2023). Creative and Critical Entanglements With AI in Art Education. Studies in Art Education, 64(4), 406–425. https://doi.org/10.1080/00393541.2023.2255084
Pertiwi, A. B. (2015). KECERDASAN SPASIAL SEBAGAI PENUNJANG PENGEMBANGAN KREATIVITAS MAHASISWA DESAIN GRAFIS DALAM PEMBELAJARAN NIRMANA. http://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/5877
Porayska-Pomsta, K., Holmes, W., & Nemorin, S. (2024). The Ethics of AI in Education. https://doi.org/10.48550/arXiv.2406.11842
Sáez-Velasco, S., Alaguero-Rodríguez, M., Delgado-Benito, V., & Rodríguez-Cano, S. (2024). Analysing the Impact of Generative AI in Arts Education: A Cross-Disciplinary Perspective of Educators and Students in Higher Education. Informatics, 11(2). https://doi.org/10.3390/informatics11020037
Sahnir, N., & Yatim, H. (2023). PROSIDING SEMINAR NASIONAL Pengenalan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar Seni di Era Digitalisasi Pendidikan. Https://Journal.Unm.Ac.Id/Index.Php/Semnasdies62/Index. https://doi.org/https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.811
Sari, A., Dahlan, Tuhumury, R. A. N., Prayitno, Y., Siegers, W. H., Supriyanto, & Werdhani, A. S. (2023). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. CV. Angkasa Pelangi.
Sugiyoono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV. ALFABETA.
Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL DALAM PEMBELAJARAN ABAD KE-21. Jurnal Samudra Geografi, 3(2). https://ejurnalunsam.id/index.php/jsg/article/view/2495
Yusuf, A. M. (2017). METODE PENELITIAN: KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN PENELITIAN GABUNGAN. PT Fajar Interpratama Mandiri.
Zaenuddin, I., & Riyan, A. B. (2024). Perkembangan Kecerdasan Buatan (AI) Dan Dampaknya Pada Dunia Teknologi. In Jurnal Informatika Utama (Vol. 2, Issue 2).
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan (3rd ed.). Yayasan Obor Indonesia.






