PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

  • Ayu Herlina Universitas Pendidikan Indonesia
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Problem Posing, Pembelajaran IPA

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bekerjasama dengan guru kelas V SDN 138 Gegerkalong Girang. Siswa kelas V berjumlah 24 siswa dengan 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar evaluasi (butir soal) dan lembar observasi  kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru dan foto. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan hasil pengamatan sebagai data primer serta dokumentasi sebagai data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatof untuk menganalisis tes akir setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain penelitian yang mengacu pada Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai dari siklus I hingga pada siklus II. Pada siklus I menunjukkan bahwa hanya 13 siswa yang tuntas atau sebesar 54,16%. Setelah dilaksanakan siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 83,33% atau terdapat 20 siswa yang tuntas. Observasi kegiatan siswa menunjukkan peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I mencapai 72,22%, sedangkan pada siklus II mencapai 83,33%. Observasi kegiatan guru pada siklus I mencapai 80%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,33%. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada siswa kelas V SDN 138 Gegerkalong Girang. Disarankan pula kepada guru sekolah dasar untuk senantiasa menggunakan model pembelajaran Problem Posing ini dalam materi pembelajaran yang lain.

Diterbitkan
2023-04-29