WORKSHOP PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU DI SEKOLAH ISLAM TERPADU INSAN KAMIL SIDOARJO

  • Lestariningsih Lestariningsih STKIP PGRI Sidoarjo
Kata Kunci: workshop, proposal, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), guru

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi yang sudah dilakukan di Sekolah Islam Terpadu Insan Kamil, maka dapat diketahui beberapa permasalahan dalam penulisan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dihadapi oleh guru-guru. Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk mengatasi masalah tersebut dengan melakukan suatu pelatihan yang efektif dan efisien bagi guru-guru di Sekolah Islam Terpadu Insan Kamil terkait pengelolaan (manajemen) profesional. Pengembangan kompetensi guru-guru di lembaga ini dengan sistem pelatihan atau workshop akan efektif apabila dilakukan dengan sistem pelatihan yang berpedoman pada prinsip-prinsip dasar manajemen dan tahapan pelatihan sebagai berikut: 1). Tahap penyusunan perencanaan yang didasarkan pada asesmen kebutuhan pelatihan, 2). Tahap pengorganisasian, yakni penyusunan program pelatihan, 3). Tahap pelaksanaan/implementasi dari perencanaan program pelatihan dan adanya koordinasi dalam tahap pelaksanaan pelatihan, dan 4). Tahap evaluasi pelaksanaan pelatihan. Berdasarkan hasil presentasi yang sudah disampaikan peserta maka dapat diketahui bahwa peserta sudah memahami tentang arti dan cara pembuatan proposal PTK. Judul yang bervariasi dari proposal yang dibuat oleh peserta menunjukkan bahwa peserta memiliki tingkat kreativitas yang tinggi serta setiap peserta memiliki permasalahan yang unik dalam menjalani kegiatan pembelajaran di kelas.

Diterbitkan
2018-05-30