EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN STEM TERHADAP PEMAHAMAN BANGUN RUANG
Abstrak
Keterampilan abad ke – 21 perlu dimiliki setiap individu agar mampu menguasai keterampilan dasar 4C yang berkaitan dengan pemahaman konsep. Pemahaman konsep yang baik maka peserta didik mampu menerapkan pembelajaran pada dunia nyata dan dapat memecahkan masalah. Terutama pemahaman bangun ruang, yakni pemahaman konsep tentang materi bangun ruang. Efektivitas pembelajaran STEM terhadap pemahaman bangun ruang merupakan tujuan penelitian ini. Kuantitatif meruapakan metode penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Mts. YPM 1 Wonoayu. Subyek penelitian yaitu kelas VIII. Hasil analisa menunjukkan hasil t hitung > t tabel yakni sebesar 6,450 > 1,993. Perolehan nilai rata–rata kelas eksperimen 87, 6563, sedangkan kelas kontrol sebesar 72, 5581. Sehingga penerapan model pembelajaran STEM terhadap pemahaman bangun ruang peserta didik terbukti efektif.

