PENGARUH ALAT PERAGA BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan alat peraga berbasis augmented reality (AR) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Teknologi augmented reality menawarkan solusi inovatif dengan memberikan visualisasi yang lebih jelas dan nyata terhadap konsep-konsep matematika, serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Jenis desain yang digunakan pada penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di SDN Palrejo 1 Sumobito Jombang dengan populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 33 siswa. Sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi (sampling jenuh). Teknik pengumpulan data menggunakan test yaitu pretest dan posttest serta data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS. Analisis data menggunakan uji paired simple t test. Hasil analisis data yang telah dianalisis, yaitu diketahui bahwa nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000>0,05 Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan alat peraga berbasis augmented reality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga berbasis AR secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Selain itu, penerimaan siswa terhadap penggunaan teknologi AR dalam pembelajaran matematika juga sangat positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan alat peraga berbasis augmented reality dapat menjadi metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar.

