ANALISIS KEMAMPUAN PERBIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL SUBGRUP NORMAL

  • Liknin Nugraheni Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Kata Kunci: Analysis, critical thinking skills, problem solving, normal subgroup

Abstrak

Berpikir kritis adalah kemampuan penting dalam menyelesaikan masalah, karena memungkinkan seseorang untuk mengevaluasi informasi dengan cermat, mengidentifikasi asumsi yang mendasarinya, dan membuat keputusan yang rasional dan terinformasi. Berdasarkan beberapa pendapat ahli kemampuan berpikir kritis dapat ditingkatkan melalui pembelajaran khususnya pembelajaran matematika untuk pokok bahasan subgroup normal. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam penyelesaian masalah atau soal subgroup normal untuk memperoleh gambaran kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang berkemampuan tinggi dan rendah. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan matematika Universitas PGRI Adi buana angakatan 2021 yang sedang menenpuh mata kuliah struktur aljabar 1 khusus pada materi subgroup normal. Hasil yang diperoleh dari subjek yang berkemampuan tinggi mampu melakukan kegiatan berpikir kritis sampai Tingkat evaluasi, sedangkan subjek yang berkemampuan rendah hanya mampu melakukan kegiatan berpikir kritis sampai Tingkat awal pada saat menyelesaikan masalah subgroup normal.

Diterbitkan
2024-01-31