Analisis Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Pada Materi IPA Kelas III di SDN Mlajah 1 Kabupaten Bangkalan
Analisis Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Pada Materi IPA Kelas III di SDN Mlajah 1 Kabupaten Bangkalan
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan dan deskripsi tentang minat siswa dalam membaca buku IPA, serta faktor-faktor yang memengaruhi minat mereka. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian meliputi siswa dan guru kelas III. Populasi penelitian terdiri dari 24 siswa yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh, dengan jumlah sampel sebanyak 24 siswa dari jumlah keseluruhan siswa di kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan wawancara, sedangkan instrumen penelitian adalah lembar observasi, lembar angket, dan lembar wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mengevaluasi minat baca siswa, sedangkan data tentang faktor-faktor yang memengaruhi minat baca siswa dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan memverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa Kelas III SDN Mlajah 1 tergolong rendah, dengan hasil persentase 8,3% siswa termasuk dalam kategori tinggi, 33,3% siswa termasuk dalam kategori cukup, dan 58,4% siswa termasuk dalam kategori rendah. Faktor internal, seperti jenis kelamin, kemampuan membaca dan kemampuan kognitif dapat memengaruhi minat baca siswa, sedangkan faktor eksternal meliputi pola asuh orang tua, ketersediaan bahan bacaan, serta faktor lingkungan pertemanan anak.
Referensi
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (4), 5573-5581.Fadila, Malang. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (2) 2020. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2336-2344.https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836
Arikunto, S. (2006). Pendekatan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Astawan, I.G. dan I.G.A.T. Agustina. (2020). Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Era Revolusi 4.0. Badung: Nilacakra.
Balqis, A. F., Ananda, E. R., Wandini, R. R., & Shofia, W. (2021). Analisis Faktor Minimnya Minat Membaca Siswa di Kelas VI SDIT Daarul Istiqlal Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. SEJ (School Education Journal), 11(3).https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.29137
Banowati, E. N., Mudrikatunnisa, M., Maula, A. R., & Fajrie, N. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Siswa Kelas II Di SDN 2 Kedungsarimulyo. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(4), 116-127. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i4.448
Cahyono, H. (2019). Pengaruh Pengelolaan Perpustakaan Sekola Terhadap Minat Baca Siswa Kelas IV. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 3, Nomor 8 (hlm.308-316). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPII/article/view/56548
Stari, N. A. P. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Quantum Reading Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1). https://doi.org/10.55115/edukasi.v
4i1.2890
Farhah, A. (2022). Analisis Kesulitan Mengenal Huruf Dalam Membaca Permulaan Siswa Kelas 1A Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1270-1278.
https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.363
Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. (3), 371378.https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis kemampuan membaca permulaan dan kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296-3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526
Inawati, & Sanjaya, M. D. (2018). Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri OKU. Jurnal Bindo Sastra, 2 (1), 173-182.https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.927
Inayah, U. N., Fadhillah, D., Enawar, &Sumiyani. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN Cipondoh 5 Kota Tangerang. Prosiding Samasta: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia.Kependidikan, 9 (2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/879%20%E2%80%93%20884
Larayba, L., Pujani, N. M., & Priyanka, L. M. (2022). Analisis Minat Baca Siswa pada Materi Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(1), 3037.https://doi.org/10.23887/jppii.v12i1.56548
Marampa, E. R. (2021). Peran Orangtua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik. SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(2), 100115.https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7839
Marfuah, M. (2021). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Menanamkan Jiwa Leadership Terhadap Minat Berwirausaha. Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1-12.https://doi.org/10.37842/sinau.v7i1.56
Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (1), 23-24. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i1.14017
Norrizqa, H. (2021). Berpikir kritis dalam pembelajaran ipa. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1).https://orcid.org/00000003-3663-4163
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Purnami, P. (2019). Tutor Sebaya dalam Upaya Penumbuhan Motivasi dan Minat Baca Siswa. Jurnal Ilmiah Wuny, 1(2), 75-84. https://doi.org/10.21831/j
wuny.v1i2.27584
Riani, N., Ngatman, & Suryandari, K. C. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SD Negeri 6 Jatisari Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah.https://doi.org/10.20961/jkc.v9i2.50922
Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5),2985-2992.https://doi
.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029
Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyani, Y., & Hilaliyah, N. (2020). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4 (2), 197-205.https://repository.uinbanten.ac.id/11615/
Setiawan, E., Pasoreh, Y., & Lesnussa, R. (2018). Peranan Koleksi dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSRAT. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(3).https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.42137
Sugiyono, (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukma, H. H., & Sekarwidi, R. A. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33 (1), 11-20.
https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200
Susanti, R., & Sumaryoto, S. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Sains Survei pada SMP Swasta di Tangerang Selatan. Alfarisi: Jurnal PendidikanMIPA, 3(1).https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/5818
Syarqawi, A., Abdillah, C. A., Rambe, F. H., Harahap, J. S., & Nasution, K. R. (2022). Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Desa Stabat Lama. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2142-2147.h
ttps://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5722
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11671






