LUNTURNYA PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK DI DESA TEPUS GUNUNG KIDUL
LUNTURNYA PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK DI DESA TEPUS GUNUNG KIDUL
Abstrak
Pada saat ini, adanya teknologi yang maju dapat merubah dengan cepat pola pikir dan kehidupan sosial di masyarakat. Salah satunya permainan tradisional yang sudah mulai luntur dan tersisihkan dengan adanya permainan modern. Sekarang, anak-anak lebih menyukai permainan modern dibanding dengan permainan tradisional. Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, bermain tidak lagi menjadi aktivitas fisik dalam daya tumbuh kembang seorang anak. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menganalisis tentang fakta sosial. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pergeseran budaya dan nilai terhadap suatu permainan, kurangnya ketertarikan permainan tradisional karena tidak adanya tantangan dalam suatu permainan dan pengaruh lingkungan dan pola interaksi yang menyebabkan tidak ada kontak langsung anak saat bermain
Referensi
Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59
Awalludin Nugraha, Y., Handoyo, E., & Sulistyorini, S. (2018). Traditional Game on The Social Skill of Students in The Social Science Learning of Elementary School Article Info. Journal of Primary Education JPE, 7(2), 220–227. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/23475
Brata Susena, Y., Ari Santoso, D., & Setyaningsih, P. (2021). Ethnosport Permainan Tradisional Gobak Sodor. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 450–462. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/1185
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Husein MR, M. (2021). Lunturnya Permainan Tradisional. Aceh Anthropological Journal, 5(1), 1. https://doi.org/10.29103/aaj.v5i1.4568
Iasha, V., Al Ghozali, M. I., Supena, A., Wahyudiana, E., Setiawan, B., & Auliaty, Y. (2020). The traditional games effect on improving students working memory capacity in primary schools. ACM International Conference Proceeding Series, 1–5. https://doi.org/10.1145/3452144.3452269
Iwandana, D. T., Falaahudin, A., & Nugroho, W. A. (2021). Sport Values in Traditional Games as Playing Activities for Children. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 4(2), 96–100. https://doi.org/10.17509/tegar.v4i2.33798
Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool, 1(1), 11–28. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8172
Nugrahastutik, Puspitaningtyas, P. (2016). Nilai – Nilai Karakter Pada Permainan. Jurnal PKn Progresif, 7(4), 265–273. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8942/6503
Nurwahidah, Maryati, S., Nurlaela, W., & Cahyana. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422
Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). The Implementation of Traditional Games for Early Childhood Education. 326(Iccie 2018), 431–435. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.75
Suryawan, I. . A. J. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa. Genta Hredaya, 2(2), 1–10