ANALISIS SELF-EFFICACY CALON GURU MATEMATIKA TERHADAP PENGGUNAAN FINANCIAL NUMERACY SEBAGAI DIMENSI KONSEPTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstrak
Self-Efficacy merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan seorang guru dalam mewujudkan pembelajaran yang sukses di kelas. Banyak studi telah menunjukkan bahwa keuangan atau finansial menjadi konteks yang memiliki peran positif dalam pendidikan matematika karena melibatkan siswa dalam situasi pengambilan keputusan yang memunculkan aspek berpikir matematis. Dalam studi ini, peneliti ingin manganalisis bagaimana self-efficacy calon guru matematika terhadap penggunaan konteks finansial dalam pembelajaran matematia. Data diperoleh melalui angket self-efficacy yang diisi oleh 24 orang calon guru matematika. Data angket dianalisis dengan uji komparasi signifikansi self-efficacy berdasarkan tiga kategori, yaitu jenjang studi, pengetahuan soal konteks perbankan, dan pengetahuan istilah dan konsep perbankan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya pengetahuan istilah dan konsep perbankan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap self-efficacy calon guru matematika dalam menggunakan konteks finansial. Hal ini mengimplikasikan bahwa calon guru matematika perlu diberikan bekal pengetahuan awal tentang berbagai istilah dan konsep transaksi perbankan agar mampu mengimplementasikan pembelajaran financial numerasi di kelas
Referensi
Enochs, L. G., Smith, P. L., & Huinker, D. (2000). Establishing Factorial Validity of the Mathematics Teaching Efficacy Beliefs Instrument. School Science and Mathematics, 100(4). https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2000.tb17256.x
Huston, S. J. (2010). THE JOURNAL OF CONSUMER AFFAIRS Measuring Financial Literacy. The Journal of Consumer Affairs, 44(2).
Jerrim, J., Sims, S., & Oliver, M. (2023). Teacher self-efficacy and pupil achievement: much ado about nothing? International evidence from TIMSS. Teachers and Teaching: Theory and Practice. https://doi.org/10.1080/13540602.2022.2159365
McMinn, M., Aldridge, J., & Henderson, D. (2021). Learning environment, self-efficacy for teaching mathematics, and beliefs about mathematics. Learning Environments Research, 24(3). https://doi.org/10.1007/s10984-020-09326-x
OECD. (2019a). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
OECD. (2019b). Programme for International Student Assesment (PISA) Result From PISA 2018. In Indonesia-Country Note-PISA 2018 Results.
OECD. (2020). PISA-2021-Financial-Literacy-Framework. In OECD. OECD.
Savard, A., & Cavalcante, A. (2021a). Financial Education and Mathematics Education: A Cross-Cutting Analysis of the Epistemological Intersection of Financial Numeracy. https://doi.org/10.1007/978-3-030-73588-3_1
Savard, A., & Cavalcante, A. (2021b). Financial Numeracy as Part of Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/978-3-030-73588-3_2






