Analisis Bentukan Kata Pada Materi Teks Narasi di Modul Ajar SD Kelas 4

  • IZZATUL FAUZIYAH IZZATUL FAUZIYAH STKIP PGRI Sidoarjo
Kata Kunci: Analisis Bentukan Kata, Modul Ajar, Teks Narasi.

Abstrak

Pembelajaran teks narasi di tingkat sekolah dasar (SD) memiliki peran penting dalam dalam mengembangkan ketrampilan menceritakan suatu kejadian atau rangkaian peristiwa secara kronologis. Modul ajar sebagai sumber belajar utama, menjadi instrumen krusial dalam mendukung pembelajaran tersebut. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bentukan kata pada materi teks narasi dalam modul ajar untuk SD kelas 4. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan analisis kata-kata yang terdapat dalam modul pembelajaran teks narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis bentukan kata dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang struktur teks narasi dan implikasi makna yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan kurikulum, pembelajaran bahasa serta evaluasi efektivitas metode pembelajaran yang diterapkan di tingkat SD. Dengan demikian, pemahaman tentang bentukan kata pada materi teks narasi menjadi landasan yang kuat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa pada tingkat SD dan membantu siswa mengembangkan keterampilan komunikasi yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

Fatmi, N., Nadia, E., & Siska, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa.

Ambarsari Yuni Rika, A. B. (2023). Analisi kemampuan menulis teks narasi kelas III SD Negeri ngarum 3 Kecamatan Ngarum Kabupaten Sragen.

Ariska Ajeng Rizqi, E. N. (2022). PENGEMBANGAN MODUL DUA DIMENSI BERBASIS HOTS TEMA 6 SUBTEMA 2 SISWA KELAS III SD.

Cahyani Ainun, N. K. (2021). Analisis Kesalahan Berbasis Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu.

Diantami Tri, S. W. (2023). Pentingnya Pendidikan Bahasa Dalam Membangun Karakter Yang Berbudaya Di SMP PGRI 9 Sidoarjo. prin.or.id.

Marliana Rina, D. I. (2020). Teknik brainstorming pada model pembelajaran menulis teks narasi.

Riwanti Rency, A. H. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS V SEKOLAH DASAR
.
Sriwanti Utami Putri, S. S. (2022). Pengembangan Modul Geometri Sd Berbasis Etnomatematika .

Utami, M. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka.

Restiningsih. (2023). Memahami Teks Narasi. Direktorat Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Diterbitkan
2025-04-30