PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BUDAYA 3D UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Kartu Budaya 3D, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pendidikan pancasila di SD. Pada materi Keberagaman budaya Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Mengenalkan keberagaman budaya di Indonesia merupakan Upaya mendidik generasi bangsa menjadi multidimensional. Jenis penelitian pengembangan (R&D) ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan yakni: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi validasi ahli media dan ahli materi, modul ajar, pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini adalah kelayakan media sebesar 90% dengan katogori layak digunakan tanpa revisi. Sedangkan Ketuntasan belajar peserta didik sebesar 86,66%, yang artinya media kartu budaya 3D efektif digunakan untuk proses belajar mengajar. Peningkatan hasil belajar juga dihitung mengunakan N-gain yang menghasilkan nilai 0,7308 dengan penafsiran kategori Tinggi. Hal ini terjadi peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media Kartu Budaya 3D.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kartu budaya 3D, Hasil Belajar
Referensi
Datunsolang, A. (n.d.). STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL- QUR ’ AN HADIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA, 1–13. http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v4i2.2708
Dwi Hariani, N., Wibowo, S., & Nurhayati, E. (2022). Pengembangan Media Miniatur Sistem Tata Surya (Misitaya) Menggunakan Direct Instruction Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1089–1103. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6224
Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 40–48. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992
A. Hutagalung, T. B., Andriany, L., Matematika, P., & Guru, P. P. (2024). Filosofi Pendidikan Yang diusung Oleh Ki Hadjar Dewantara dan Evolusi Pendidikan di Indonesia, 2(3). https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.615
Irma Sukarelawa, M., Kus Indratno, T., & Musvita ayu, S. (2024). N-Gain vs Stacking Analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pretest-posttest.
Kusuma, S. P., Bahri, & Tati, A. D. R. (2021). Narasi Pancasila dan Tujuan Pendidikan Nasional dalam Sejarah Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Pattingalloang, 8(1), 11–20. https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v7i1.12476
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436
Mubarok, M. K., Zahro, F., Rahayu, B., Wulan, S., Wahju, E., Studi, P., … Dasar, S. (2023). Pengembangan Permainan Multiply Cards Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Pada Materi Perkalian Di Kelas V MI NU Tenggulunan Sidoarjo, 9(1), 15–23. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4072/http
Ningsih, S., Susilo, T. A. B., & Dewi, A. S. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline pada Materi Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1823 1838. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2
Nurfitriyah, I., Rahayu Sri Wulan, B., & Nurhayati, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5943–5956. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10204
Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), (November), 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439
Oktaviani, S., Mawardah, M., & Purnamasari, S. D. (2024). Pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Kecerdasan Logika Matematika pada Taman Kanak-Kanak Mandiri Palembang The Influence of Media Picture Number Cards on Mathematical Logic Intelligence in Taman Kanak-Kanak Mandiri Palembang Universitas Bina Darm, 2(1), 161–170. 10.31004/basicedu.v5i6.1436
Rahmawati, E., & Dewi, G. K. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Peta Tiga Dimensi Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 10–18. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1340
Sumarsono, Meinaldo Badrian, dan M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu “ Kuartet Kingdom ” Pada Pembelajaran Tematik Materi Kerajaan Hindu , Budha Dan Islam Di Indonesia Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya, 08(03), 487–496.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: IKAPI.
Yulianto, H. (2024). Disiplin Positif Pada Kurikulum Merdeka : Tinjauan Filosofi Pendidikan
Menurut Ki Hajar Dewantara Positive Discipline https;//dx.doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1769